kalender

Sabtu, 31 Oktober 2015

5. perang vietnam

Pada 30 April 1975, Kota Ho Chi Minh--yang dulu disebut Saigon--direbut oleh pasukan komunis dari Vietnam Utara. Kala itu, kota tersebut merupakan ibu kota Vietnam Selatan.

Pendudukan pasukan Vietnam Utara itu mengakhiri perang yang menewaskan lebih dari dua juta orag Vietnam dan 58.000 tentara Amerika Serikat, yang mendukung Vietnam Selatan.
Serangan terakhir pasukan komunis adalah ketika tank-tank menerobos istana presiden.
Perang juga membuat jutaan warga Vietnam berupaya melarikan diri, sebagian dengan berupaya memasuki Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Titik-titik Perang Vietnam

1954 - Kesepakatan Jenewa mengenai pemisahan Vietnam ditandatangani. Konsekuensi kesepakatan itu membuat pihak komunis mendapat bagian Utara yang disokong gerilyawan dan bagian Selatan yang didukung pasukan AS.
1964 - Bom AS menargetkan bagian Utara Vietnam
1965 - Perang pertama pasukan AS di Vietnam


1973 - Persetujuan Damai Paris mengenai "berakhirnya perang dan pemulihan perdamaian di Vietnam" ditandatangani. Hal ini secara resmi mengakhiri keterlibatan AS secara langsung - tetapi perang antara Vietnam Utara dan Selatan terus berlanjut.
30 April 1975 - Pasukan Vietnam Utara memasuki Saigon. Vietnam Selatan praktis diambil alih pasukan komunis dan kedua bagian menyatu setelah perang berakhir.
Image caption Perang Vietnam merupakan kekalahan pertama tentara Amerika Serikat dalam perang modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar